Dangdut Koplo
Sumber: Detik.com

Apakah kamu salah dua orang yang senang mendengarkan musik? Kalau iya, mungkin kita sefrekuensi dengan ulasan musik satu ini, koplo atau akrab dikenal dangdut. Banyak yang bilang kalau musik dangdut sangat khas budaya Indonesia; tetap nyantai apapun kondisinya, dengan musik dangdut biasanya pendengar akan tetap bergoyang baik gembira atau sedih lirik lagunya.. asyik memang. Seolah apapun masalahnya, dangdut solusinya. Dibawa santai aja kawan..

Membincang tentang musik ya, memang mendengarkan musik bagi banyak orang menyenangkan dan menghibur dengan cara yang terbilang cukup simpel. Sehingga kebanyakan orang menjadikan aktivitas mendengarkan musik bukan hanya sekadar iseng semata, akan tetapi sudah menjadi suatu aktivitas rutin yang tidak bisa dipisahkan dalam tiap kali perjalanannya. Ya itulah musik dengan instrumennya yang menarik seakan bisa membuat penikmatnya hanyut di dalam tipu dayanya. Sungguh ini sesuatu luar biasa bukan!

Misalnya saja musik bisa membuat penikmatnya menjadi terlelap nyenyak. Lho kok bisa? iya bisa dong apa yang tidak bisa sekarang ini coba! Nah jadi berdasarkan sebuah studi penelitian tidur seperti dilansir dari National Sleep Foundation, mengungkapkan bahwa musik lebih dari sekadar sesuatu yang menyenangkan untuk didengarkan, namun juga bisa membantu tubuh anda menjadi rileks dan bersiap untuk tidur. Keren nggak tuh musik? Sampek bisa membuat orang menjadi tidur. Bisa dibayangin kalau sampek musik punya niatan jahat kepada penikmatnya bisa panjang tu urusannya. Hehe

Sebelum kita panjang dan kali lebar pembahasanya, akan lebih baiknya kita pahami terlebih dahulu pengertian dari musik itu ya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) musik adalah ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam berurutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan berkesinambungan.

Pantesan saja ya tidak semua orang bisa menciptakan musik. Karena tak hanya berbicara, harus ada seninya ternyata. Menjadi pelaku musik (Komponis) juga harus memiliki jiwa seni yang memadai. Tapi tenang! Kita tetap bisa menjadi bagian dari unsur musik kok yakni sebagai penikmat musik. Jangan salah lho! Meski sebagai penikmatnya, kita juga merupakan salah dua orang yang mendukung untuk kemajuan industri musik, jadi jangan kecil hati dan bersedih ya. Kasian udah gede!

Seiring perkembanganya, musik sampai hari ini terus mengalami pembaharuan. Baik dulu dimainkan dengan alat-alat yang serba tradisional, kini alat-alat itu pun sudah berubah menjadi serba elektrik. Pun, sama hal terjadi pada aransemennya (genre) yang hingga kini mulai beragam, misalnya saja ada genre musik pop, zass, klasik, hingga dangdut yang hari ini lebih banyak digandrungi semua kalangan. Menarik mengulas mengenai musik dangdut mengingat perkembangannya begitu pesat sat sat set.

Musik dangdut sebenarnya berakar dari musik Melayu yang kala itu berkembang pada tahun 1950 hingga 1960-an. Pada masa itu rata-rata lirik lagunya lekat dengan lirik yang bertemakan tentang percintaan. Musik dangdut pun banyak dipengaruhi oleh unsur musik Hindustan (India Utara), Melayu, dan Arab.  Pengaruh dari ketiga unsur genre musik tersebut secara tidak langsung menciptakan genre musik “baru”, yakni musik dangdut.

Tak berhenti di situ, kini musik dangdut pun sudah melebarkan sayapnya dengan aliran dangdut koplo yang kekinian menjadi pilihan utama banyak kalangan. Dengan irama seolah menyayat hati di tambah dengan ketukan gendang yang khas membuat penikmatnya secara tidar sadar pun ikut bergoyang (joget). Dengan konsep pertunjukan menampilkan para penyanyi bersahabat dan atraktif turut menambah panas suasana konser dangdut koplo digelar.

Ada hal menarik lain dari istilah aliran dangdut koplo ini, di mana dari segi kata “koplo” itu berasal dari bahasa Jawa yang berarti dungu atau bodoh. Nah, dalam hal ini, dapat dikatakan bahwa dangdut koplo itu dapat membuat mabuk pendengarnya akibat “zaman edan”. Pantesan ya semua orang yang menikmati aliran musik ini akan menjadi ikut-ikut bergoyang, (Tetapi jangan jadi gila juga ya genks!! harus tetap dalam kondisi waras ya).

Hingga kini perkembangan dangdut koplo bukan saja dinikmati masyarakat Jawa, tetapi juga sudah merambah ke seluruh pelosok nusantara. Lagu-lagunya pun lebih dekat dengan kehidupan masyarakat, di mana liriknya cenderung  mudah dimengerti. Sehingga tak heran jika lagu-lagu dangdut koplo bisa diterima hampir semua kalangan masyarakat Indonesia hingga sepesat sekarang ini. Kanan kiri dangdut. Semua terdangdut-dangdut nan terkoplo-koplo. Seolah dangdut menjadi kunci dari setiap masalah kehidupan, apapun liriknya tetap bergoyang happy.

Beli Alat Peraga Edukasi Disini
Previous articleMembincang Citayam Fashion Week
Next articleJejak Musik Gamelan Jawa

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here